Pages

Minggu, 29 Agustus 2010

Literatur untuk pelaku Retail (Menilik Keberhasilan Bisnis Ritel di Indonesia)

Bagi anda pemula usaha retail ataupun yang sedang ingin memulai usaha retail tapi tidak cukup tahu seluk beluk usaha retail kami referensikan buku yang tepat untuk menjadi teman anda dalam proses memulai atau mengembangkan usaha retail. buku ini adalah buku pertama Bisnis retail indonesia.
Buku Retail Rules yang terdiri dari 10 bab dengan 54 sub judul ini 'nampak' tidak ada yang terlewatkan merupakan buku pertama yang mengkaji dan memaparkan bisnis ritel di Indonesia yang ditulis oleh praktisi yang telah menekuni dan meneliti dunia ritel selama lebih dari 20 tahun.

Buku Retail Rules ini memberikan insight bagi peritel, pemasok, pembuat regulasi, dan pemasar dalam melengkapi pengetahuan tentang sejarah ritel Indonesia dan dunia, menyempurnakan pengertian tentang seluk-beluk ritel dan mengantisipasi bisnis ritel sebagai bisnis dengan visi masa depan.
Meski berbagai materi tulisan yang ada memudahkan pembaca untuk mengetahui seluk beluk bisnis retail ini, buku juga kurang memberikan informasi yang cukup bagi pemula yang hendak belajar bisnis ritel sehingga kurang bisa menjadi rujukan bagi yang merintis ritel.
Apalagi nilai pasar ritel Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang pesat, khususnya dalam lima tahun terakhir. Pertumbuhan ekonomi yang relatif baik menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan pesat ritel modern.
Selain itu, potensi besarnya jumlah penduduk Indonesia juga tidak dapat diabaikan begitu saja. Faktor besarnya jumlah penduduk ini membuat para pemain asing cukup berminat masuk ke pasar Indonesia. Alangkah bagusnya ketika kita diberitahu bagiamana mengawali bisnis ritel kecil-kecilan. 

Buku ini juga memberikan gambaran secara detai mengenai ritel Carrefour yang mempunyai keunggulan penataan rak dan penempatan barang yang seragam sehingga memudahkan konsumen membeli barang.
Juga cerita kesuksesan Alfamart membangun strategi bisnis sehingga hanya dalam waktu 10 tahun bisa mempunyai toko lebih 3040 unit di sejumlah kota besar di Indonesia (hal 85). Tahun 2010 ini Alfamart menargetkan pemasukan hingga Rp 10 trilyun baik usaha yang dibangun sendiri ataupun franches.
Juga ditampilkan kesuksesan RanchMarket yang memposisikan diri sebagai supermarket premium. Tidak kalah pentingnya adalah kesuksesan hypermart sebagai salah pemain lokal bisnis retail namun mempunyai skala internasional yang kini telah mempunyai 50 gerai meskipun usianya baru 6 tahun.
Nah, di bab 5, buku ini mengulas tentang sikap konsumen Indonesia. Pemahaman mengenai bab ini akan membuat siapapun yang ingin berusaha dalam bisnis ritel akan mampu eksis. Secara blak-blakan penulis menyampaikan cara untuk meraih isi dompet konsumen yakni fokus pada konsumen apa yang diinginkan berikan.
Kemudian multiformat, apakah mau supermarket, discount store, personal care store, drugstore ataupun convniener store. Juga bagaimana menerapkan model bisnis swalayan impulse purchase (hal 113).
Seiring dengan perkembangan teknologi internet, retail mempunyai tantangan yang besar dari penjualan barang melalui internet atau ritel lelang terbuka sehingga terjadi kompetisi. Namun kompetisi bukanlah pembunuh absolut peritel di pasar yang baru tumbuh, karena pasar selalu berkembang.

buku ini dapat anda dapatkan di toko-toko buku terdekat dikota anda:
Judul :
RETAIL RULES: Melihat Keunggulan dan Potensi Bisnis Ritel Makanan di Masa Depan
Penulis : Meshvara Kanjaya dan Yongky Susilo
Ukuran : 14,5 x 21 cm
Jumlah Halaman : 208 halaman
Warna : Full Color
Kertas : Matt Paper 100
Cover : Hard Cover
Tahun Terbit : 2010
ISBN : 978-979-075-836-0
Kode Buku : 308-330-001-0
Harga : Rp. 105.000,-


0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample text